Jurusan Kuliah

Share on :

Disini, disebuah pojok ruangan, aku duduk sendiri, membawa banyak kertas yang aku tak mengerti lagi isinya. Ruangan ini penuh, bising dengan banyaknya cerita yang bergulir dari masing-masing. Disudut lain ruangan ini, seorang laki-laki sedang sibuk mengajarkan sesuatu ke dua orang mahasiswa baru. Sedangkan di ujung lainnya, tiga mahasiswa sedang sibuk dengan laptop masing-masing, dan sesekali berdebat tentang yang mereka kerjakan.

Laki-laki di sudut ruangan sedang memberikan les privat, sepertinya mata kuliah matematika diskrit, mungkin. Ya tebakan ku karena dari kata-kata yang aku dengar dari mulut sang pengajar, aku  pernah ambil mata kuliah itu. Tiga mahasiswa lain yang kuceritakan di awal sepertinya sedang sibuk mengerjakan makalah, tugas anak-anak komunikasi, ya tebak ku, mereka anak ilmu komunikasi. Kok tahu? Tadi sempat  berdebat tentang TV atau radio aja. Ya, sok tahu.

Dari percakapan-percakapan itu, aku merasa anak-anak komunikasi ini kuliahnya mudah sekali. Gitu-gitu aja. Sedangkan anak-anak di sudut lain itu kuliahnya sulit, berkutat dengan angka-angka yang tak ada habisnya. Ah, sok tahu sekali aku.

Jika kamu yang selalu berkecimpung di ranahnya anak teknik, pasti ujung-ujungnya tak akan simpati melihat anak-anak dari fakultas lain itu. Kerjaan mereka gitu-gitu aja. Malah anak DKV dan kawan-kawannya, kerjanya cuma gambar. Ya, dibenakku dulu begitu.

Tapi, aku mulai merubah pandanganku.

Kuliah apapun yang kau jalanin, semua punya kemudahan dan kesulitan masing-masing.

Aku lelah, mengerjakan hitungan ini itu. Tapi, lihat mereka juga, coba menggali permasalahan lain.

Jadi kawan, jangan saling merendahkan kuliah kawan kalian di fakultas lain. Kalian tak pernah tahu bagaimana kerasnya mereka mendapatkan nilai bagus di UTS dan UAS "menggamarnya" atau  "komunikasi dasar". Sama, ya, sama dengan sulitnys kita kerja keras agar dapat A di probabilitas dan statistika.

Mari jangan saling merendahkan. Apa yang kalian lihat belum tentu seperti yang kalian bayangkan.

Sudut rindu
3 Maret 2017, 16.18

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEPENGGAL KISAH © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers