Mendigitalkan Indonesia? Kenapa Tidak

Share on :

Digital? Sebuah kata yang sudah tak asing dimasa milenium ini. Hampir seluruh kegiatan manusia dapat dipermudah dengan lahirnya teknologi berbasis digital. Teknologi digital memiliki arti teknologi yang dapat dioperasionalkan dengan serba otomatis dan sistematis sehingga dapat dibaca komputer. Lalu, jika kita sudah berbicara mengenal teknologi digital, apakah peranan Telkom, salah satu BUMN terbesar di Indonesia untuk membuat Indonesia semakin digital?

Jika pertanyaan ini muncul dibenak kita, rasanya memang tak sulit untuk menjawabnya. Telkom adalah BUMN yang memang bergerak dan memiliki visi menjadikan Indonesia nomor satu dalam bidang digital. Mari kita sebut beberapa teknologi Telkom yang membuat kehidupan masyarakat di Indonesia menjadi mudah!

Jaringan telepon tidak bergerak, layanan pertama Telkom yang membuat masyarakat tetap dapat berkomunikasi dengan cepat walaupun berada dalam lokasi yang berjauhan Teknologi ini mulai tergantikan dengan hadirnya jaringan telepon bergerak. Jaringan telepon bergerak begitu popular saat ini, Telkom menghadirkan jaringan telepon bergerak ini dengan nama Telkomsel. Operator seluler yang menjangkau hampir seluruh wilayah Indonesia.

Tulisan saya kali ini bukan ingin membahas Telkomsel yang sudah menjadi operator terbesar di Indonesia. Tapi, saya ingin menjabarkan bagaimana sebuah alat komunikasi bisa menjadi alat pembayaran. PT. Telkom tidak pernah diam untuk berinovasi, terbukti dengan hadirnya Telkomsel T-Cash. Apa itu Telkomsel T-Cash? Telkomsel T-Cash adalah layanan keuangan digital dari Telkomsel berupa uang elektronik (e-money). Saya mengenal Telkomsel T-Cash sejak setahun lalu pada acara ICT Expo 2015 di Telkom University. Lalu, setelah mengenal alat pembayaran baru ini, apa saja kemudahan yang saya dapatkan? Kemudahan paling dasar dari lahirnya teknologi baru ini adalah pembayaran menjadi begitu mudah. Saya tak perlu membawa uang tunai jika ingin makan di merchant yang sudah berkerjasama dengan Telkom. Promo dari Telkomsel T-Cash pun menjadi menarik karena selain tidak perlu membawa banyak uang tunai, pelanggan pun dimanjakan dengan potongan harga.
Oh ya, selain itu Telkomsel T-Cash bisa membantu disaat pulsa habis, dengan mudah kita bisa langsung isi ulang pulsa tanpa perlu ke ATM maupun counter pulsa. Bahkan, yang lebih mengasyikan lagi belanja di blanja.com menjadi begitu singkat karena pembayarannya yang mudah menggunakan Telkomsel T-Cash.


Saya akan coba cerita sedikit pengalaman saya dengan stiker yang satu ini. Jika kamu adalah seorang anak kostan, yang dikirim orang tua uang sebulan sekali dan merasa boros di awal-awal bulan, lalu merasa hanya bisa makan indomie di akhir bulan, Telkomsel T-cash ini membantu kami makan enak di akhir bulan. Saya selalu mengisi T-Cash diawal bulan dan menggunakannya disaat-saat genting. Mengapa disaat genting? Ya, karena program Telkomsel T-Cash ini belum bisa digunakan dibanyak merchant, hanya tempat-tempat tertentu. Saya akan pergi ke kantin Telkom University dan makan enak disana, karena di kantin sudah melayani penggunaan Telkomsel T-Cash. Nah, kalau mau makan mewah tapi hemat, pergilah ke McD, manfaatkan saldo Telkomsel T-Cash yang sudah kamu isi diawal bulan tadi dan nikmati promo diskon 20persen.


Harapan untuk Telkomsel T-Cash

Berapa banyak kartu yang ada di dompet anda sebagai alat pembayaran? Ada kartu e-toll, flash, maupun kartu debit dari berbagai bank. Begitu banyak kartu yang harus dibawa oleh seseorang. Bukankah itu begitu merepotkan? Lalu, mengapa Telkomsel T-Cash ini tidak berinovasi lagi untuk menjadi sebuah pengenal dan alat pembayaran dibanyak tempat.

Alangkah indahnya, ketika sebuah stiker yang ditempel dibelakang telepon genggam menjadi sebuah alat yang memudahkan masyarakat. Bukankah kita tak perlu merogoh dompet untuk mencari kartu e-toll untuk membayar tol? Bukankah kita tak perlu merogoh dompet untuk mencari uang saat membayar parkir? Kartu-kartu lain mungkin dengan mudah akan tertinggal disuatu tempat, bagaimana dengan telepon genggam anda? Ya, telepon genggam adalah barang wajib yang pasti anda ingat terus keberadaannya dan akan sangat jarang sekali terlewatkan.

Jadi, hanya dengan sebuah stiker kecil yang ada di belakang telepon genggam anda, membuktikan satu hal, PT. Telkom dan anak perusahaannya PT. Telkomsel terus berlari membuat #IndonesiaMakinDigital


2 komentar:

Dian at: 13 November 2016 pukul 22.27 mengatakan...

Gue juga senang pake Tcash, apalagi di mcd, diskonnya lumayan

Anonim at: 13 November 2016 pukul 22.59 mengatakan...

T-cash memang banyak manfaatnya apalagi kalau merchant2 yang pakai t-cash tambah wkwkwk

Posting Komentar

 

SEPENGGAL KISAH © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers