Kuliah di Kanada

Share on :

“ Mau kuliah dimana?”

Pertanyaan yang sering sekali aku dengar saat aku sudah duduk di kelas XII. Ada banyak tempat kuliah yang semua orang inginkan, termasuk kuliah di luar negeri. Indonesia punya banyak Universitas unggulan, tapi kuliah di luar negeri pun salah satu impian semua pelajar. Ada banyak negara yang sering menjadi pilihan para pelajar, contohnya Jepang, Amerika, Australia, Singapura, Malaysia bahkan Kanada. Tapi, kita tak pernah tahu bagaimana cara kuliah disana. kita lihat sedikit informasi yang berhasil aku temukan mengapa kuliah di Kanada?

Kita kenal dulu Kanada, negara terbesar kedua di dunia, tapi dengan jumlah penduduk yang sangat sedikit, karena hal ini, pemerintahan Kanada membuat sebuah peraturan, bahwa pendidikan adalah tanggung jawab provinsi masing – masing. Bukan hanya pemerintah yang sangat mengutamakan pendidikan, tapi juga seluruh warga negara Kanada, tak heran jika beberap Universitas di Kanada mendapat Top Rank di dunia, sebut saja University of Toronto dan McGill University, dua universitas terbaik dunia yang berada di Kanada. Tapi, tak semua warga dunia tahu hal ini, termasuk para pelajar Indonesia, bahkan berdasarkan hasil survey tingkat minat pelajar Indonesia melanjutkan study ke Kanada sangat kecil. Pertanyaannya kenapa hal ini terjadi ? Padahal PBB dan Unit Inteligen Ekonomi mengakui bahwa Kanada adalah salah satu tempat terbaik untuk tinggal. Ternyata, penyebab minimnya pelajar Indonesia melanjutkan study ke Kanada adalah karena informasi yang di dapatkan oleh pelajar Indonesia pun juga sangat minim.

Ada banyak cara untuk mendapatkan informasi mengenai kuliah di Kanada. Sekarang saja sudah ada perwakilan resmi dari Universitas, perguruan tinggi, dan lembaga pendidikan di Kanada yang bernama CESI ( Canadian Education Services International ) dan memiliki kantor pusat di Canada Educational Organization Limited ( CEO Ltd. ). Dari namanya saja kita bisa tahu, organisasi ini menawarkan pelayanan berkualitas untuk calon pelajar melanjutkan study nya ke Kanada. Bahkan organisasi yang berada di Indonesia ini pun memiliki beberapa program unggulan untuk mengenalkan kurikulum pendidikan di Kanada yang sudah diakui dunia Internasional.

Kanada punya pendidikan bertaraf internasional, bukan hanya pendidikan nomor yang satu yang negara besar ini tawarkan tapi juga banyak fasilitas lainnya sehingga kita tak akan ragu melanjutkan study kita jauh – jauh dari orang tua.

1. Negara terbaik

Kenapa? Karena Kanada sudah diakui dunia sebagai tempat tinggal terbaik di dunia. Akses pendidikan terbaik, bahkan Kanada memiliki sistem Universal Health Care ) kepada seluruh warga Kanada, termasuk orang asing yang terdaftar resmi. Kota – kota terbesar di Kanada seperti Toronto pun menawarkan pekerjaan yang juga bertaraf dunia. Penduduk Kanada pun terkenal dengan taraf hidup yang cukup memadai.

2. Lingkungan terbaik

Banyak pendatang berada di Kanada, oleh karena itupun, di Kanada sering terjadi festival kebudayaan negara apapun. Di Kanada pun kita tak akan kesulitan mencari perkumpulan pelajar Indonesia ataupun perkumpulan negara lainnya, karena perkumpulan seperti ini sudah banyak berdiri.

3. Wisata yang indah

Bagi anda pelajar yang hobi traveling, Kanada pun menawarkan banyak tempat wisata terbaik.

4. Hi – Tech

Telekomunikasi, transportasi, dan teknologi lainnya di Kanada pun terus melaju dengan cepat menjadi negara dengan tingkat teknologi tertinggi seperti Amerika. Kanada pun diakui negera pertama yang memasang internet di sekolah.

5. TEMPAT TERBAIK BELAJAR

Warga Kanada terkenal ramah dan damai karena berdasarkan penelitian tingkat kejahatan dan pembunuhan di Kanada terus menurun, bahkan senjata api pun dilarang dengan ketat. Jadi orang tua tak perlu khawatir mengirim sang anak.

6. Biaya Hidup

Biaya hidup dan pendidikan di Kanada pun digolongkan lebih rendah daripada di Amerika dan Australia. Dari informasi yang saya dapat, Kanada membutuhkan biaya pendidikan berkisar C$10,000 – C$20,000 dan biaya hidup C$1,200 per bulan, dibanding dengan Australia yang bisa menghabiskan US$29,000 per tahun, negara tetangga Kanada, Amerika pun membutuhkan biaya berkisar US$ 33,000 per tahun. Jika kita pintar, Kanadapun punya beasiswa yang bisa kita dapatkan..

Masih ragu memprioritaskan Kanada sebagai tempat untuk kuliah?

8 komentar:

{ Unknown } at: 21 Juni 2012 pukul 13.57 mengatakan...

Wah, artikelnya cukup menarik. Saya juga sedang mencari informasi untuk bisa kuliah di Kanada. Namun, saya masih belum tahu untuk urusan beasiswa. Apakah di sana juga mudah untuk mendapatkan beasiswa? Bagaimana dengan kerja part-time?

terimakasih banyak~~

{ CERITA CINTA } at: 26 Juni 2012 pukul 10.23 mengatakan...

Saya kan nulis artikel ini karena memang lomba blog dari CESI pak, kalo informasi terkait beasiswa dan kerja part time katanya kanada memang lebih muda kerja part time untuk mahasiswanya. Coba cari tahu lebih banyak tentang CESI aja pak, setahu say mereka juga suka ngadain pertemuan di kedubesnya untuk membahas beasiswa seperti ini

Anonim at: 2 November 2012 pukul 01.16 mengatakan...

Setuju sekali, saya sebenarnya punya minat untuk belajar di Kanada, tapi jarang sekali bisa mendapat informasi tentang studi ke Kanada

Anonim at: 13 Oktober 2014 pukul 04.51 mengatakan...

mba anggie skarang sudah kuliah di canada kah?
kalau boleh, saya bisa minta email nya buat nanya? :D
makasih mba :)

{ Unknown } at: 28 Juli 2017 pukul 22.04 mengatakan...

assalamu"alaykum, mba anggi...sy berminat untuk study + magang di Vancouver...bagaimana cuaca,musim di sana & kehidupan muslim disana ?.

{ Unknown } at: 7 September 2017 pukul 17.08 mengatakan...

mba anggie skarang sudah kuliah di canada kah?
kalau boleh, saya bisa minta email nya buat nanya? :D
makasih mba :)
vendrend@gmail.com

{ Unknown } at: 8 November 2017 pukul 21.56 mengatakan...

Mba anggi saya ad plan study d canada.. Bisa mnta emailnya

{ Herli } at: 12 Mei 2019 pukul 18.29 mengatakan...

Kaka saya mau kuliah di Kanada.. Mohon info nya ka.. Nama saya Herli
HerliAhmadhelmi1997@gmail.com. Ini email saya ka

Posting Komentar

 

SEPENGGAL KISAH © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers